Sabtu, 06 Agustus 2011

Mengetik cepat dengan Scanner

 
Mengetik dengan scanner ??, mungkin anda bertanya dalam hati apakah bisa?, jawabannya bisa saja semua ada solusinya tenang … tenang … langsung aja ya, anda tidak usah mengetik tapi tinggal siapkan buku yang mau diketik, scan dan hasilnya bisa langsung kita edit di MS-Word kita scan satu persatu tiap halaman, kalau kesulitan melipat misalnya buku biasanya saya fotocopy dulu (yang bagus tentunya) disini saya pakai Scanner Canon Canoscan Lide 25. Ini diasumsikan anda sudah menginstall driver dan aplikasinya, misalnya
Scan Gear Starter (Untuk Scan Gambar), Omnipage (untuk scan teks atau tulisan), seperti ini mungkin ilustrasinya :
Software yang saya gunakan yaitu Scansoft Omnipage SE 2.0/ SE 4.0 biasanya sudah terinstal bersama kita menginstall Scanner pertama kali, sekarang coba jalankan program Scansoft Omnipage SE 2.0 dari Start menu. Akan tampil seperti berikut ini :












LANGKAH-LANGKAHNYA :


1. Masukkan kertas ke dalam scanner
2. Anda bisa langsung menjalankan Wizardnya yaitu langsung tekan  
    Atau pilih Manual No. 1
3. Nanti akan ada proses scaning, kemudian pilih No. 2
4. Jika berhasil maka akan keluar tulisan di teks editor sebelah kanan jika muncul spelling pilih CANCEL. 
5. Anda tidak perlu menekan No. 3 karena terlalu buang waktu, langsung saja anda blok tulisan tersebut   
     semuanya ( Ctr + A )
6. Copy Ke Notepad atau MS-Word dan selesai

Ada satu kelemahannya yaitu jika buku yang discan terlalu lawas mis buku-buku kuno, maka karakter yang dihasilkan bisa saja berbeda dengan aslinya.
Tapi Menurut saya banyak untungnya, anda tinggal melakukan proses editing seperti biasanya, dan selesai. Hal ini sangat berguna misalnya jika ingin menyalin makalah, jurnal ataupun skripsi akan menjadi mudah tanpa kita susah-susah mengetiknya, jika anda belum punya software ini download disini, software ini saya pecah menjadi 3 dikarenakan terlalu besar untuk diupload.
Omnipage Part-1
Omnipage Part-2
Omnipage Part-3

SEMOGA BERMANFAAT !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar