Jumat, 05 Agustus 2011

Membuat Video Pembelajaran dengan Power Video Maker

Pada tulisan kali ini saya akan sharing kepada anda sekalian tentang cara untuk membuat video pembelajaran dengan Power Video Maker, untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan Power Video Maker dan Program PowerPoint sebagai media untuk pembuatan slide dengan tambahan file multimedia misal : audio, video, animasi, dll. Dan semuanya itu bisa kita buat video dan dapat kita dijadikan sebagai media pembelajaran yang berupa video, sehingga akan menambah gampang bagi kita yang selalu membutuhkan media pembelajaran.
Agar kita bisa membuat video dari PowerPoint, langkah yang harus kita lakukan adalah :
 
 
 
1. Menyiapkan dulu file dari PowerPoint, supata lebih bagus bisa anda tambahkan efek-efek misal audio, video, animasi, dll. Supaya video yang dihasilkan nanti hasilnya bagus, disini saya tidak akan membahas bagaimana cara menambah efek-efek tersebut. Saya asumsikan anda sudah bisa membuat File PowerPoint dengan hasil yang bagus.
2. Setelah anda buat file dari Powerpoint, maka selanjutnya adalah menyiapkan program Power Video Maker yang berguna untuk mengconvert slide menjadi video. Kalau anda belum punya program tersebut bisa download disini.  
3. Perhatikan gambar dibawah ini
  • Pada perintah PowerPoint Source File artinya Masukkan File Powerpoint dengan menekan Browse
  • Pada perintah Output Folder artinya file hasil convert akan disimpan dimana tekan juga Browse
  • Selain itu anda bisa mencoba sendiri pengaturan yang ada disana.
  • Setelah dilakukan pengaturan tekan Start untuk convert
Berikut ini contoh dari hasil convert dari Powerpoint yang berupa Video yang sudah saya upload Ke Youtube
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Kb3IcXZmI0w]
Jika anda ingin membuat yang lebih bagus bisa anda gabungkan dengan video tutorial yang sudah kita buat dengan menggunakan Hypercam (baca tulisan hypercam sebelumnya), dan jika hasilnya kita gabung dengan memakai Windows Movie Maker maka bahasa malangnya itu kipa ilakes (Bagus Sekali).
Semoga tulisan ini berguna bagi kita semua.
http://mahir-tik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar