Sabtu, 06 Agustus 2011

Hypercam, Software perekam desktop pembuat tutorial video

 
Hypercam adalah suatu software yang bisa digunakan untuk merekam desktop komputer kita, bisa merekam segala aktivitas kita dalam menggunakan mouse dan lainnya, software ini tergolong mudah dalam pengoperasiannya dibanding dengan software yang sejenis misalnya, camstudio, avi screen. Software ini juga bisa kita gunakan untuk membuat sebuah tutorial yang berupa video, jika terdapat mic maka kita bisa menambahkan narasi atau dubbing pada tutorial kita, karena hanya jika berupa video maka tutorial kita akan terasa kurang sempurna.
Kalau software yang lain yang pernah saya coba itu camstudio. Pengoperasiannya sebenarnya juga mudah, misalnya dalam membuat video namun pada waktu memasukkan suara maka tampilan video jadi tidak ada alias hilang, kalaupun bisa maka hasil video yang ddapatkan tidak begitu bagus itu menurut kasus yang pernah saya alami mungkin anda tidak sama dengan saya. Karena telah lama mencoba software-software sejenis akhirnya saya putuskan untuk memakai Hypercam sebagai software pembuat tutorial.
Disini akan saya coba untuk menjelaskan menu-menu pada hypercam.
  1. Screen area
    Disini terdapat area tempat yang akan kita gunakan untuk merekam, anda tinggal pilih Select RegionSelect Window maka yang akan direkam adalah seluruh area desktop kecuali taskbar atau mulai tombol start sampai penanda jam, untuk settingan lainnya anda bisa coba sendiri fungsinya. kemudian drag area desktop yang akan dipakai. Kalau fullscreen itu seperti diatas yaitu start X = 0, start Y = 0, Width = 1280, Height = 800. Jika anda memilih
  2. Hotkeys

    Pada tab menu ini isinya tentang pengaturan Hotkey atau penekanan tombol misalnya Start/Stop Recording = F2, Pause / Resume = F3, Single Frame Shot = F4. Anda bisa merubah tombol tersebut sesuai keinginan anda caranya tinggal klik di tombol F2, kemudian rubah isinya dan klik OK.
  3. Avi Files
    Pada tab menu ini adalah pengaturan tentang video dan sound,
  • Jika pada Add sequential number to the file name di cawang berarti nanti waktu menyimpan file akan diberi penomeran secara urut misalnya clip001.avi, clip002.avi dst, anda sendiripun bisa merubah nama file clip tersebut dengan nama video sesuai dengan tutorial yang anda buat
  • Pada Record Sound jika dicawang maka pada waktu merekam anda bisa menambahkan suara sebagai latar belakangnya
  • Pada pilihan Video Compressor adalah pilihan tentang jenis tampilan video yang digunakan pilih recomended aja.
  1. Sound
    Pada tab menu ini hanya untuk mengulas sound atau suara pilih atau centang record sound untuk merekam suara dari Mic Recorder, pada sample size adalah pilihan berapa bit suara yang dipakai pilih 16 Bit, Sedang pada sample Rate adalah memiih kualitas Suara yang dihasilkan pilih aja 44100.
  2. Other Option
    Pada menu ini di jelaskan untuk merekam kursor atau mouse, serta adanya pewarnaan jika mouse tersebut kita klik misal jika kita klik kiri maka akan ada efek warna Merah pada mouse dan jika klik kanan maka akan ada efek warna biru, anda bisa merubah warna tersebut sesuai dengan keinginan anda. Selain itu untuk memberi efek suara jika mouse di klik anda bisa tentukan dibawah pengaturan warna tadi. Untuk memberi keterangan secara manual misal anda ingin menambahkan text pada saat membuat tutorial anda bisa menekan Screen Notes.
  3. License
    Berisi tentang versi dan license nya.
    Itu sekilas penjelasan saya jika kurang jelas anda perlu untuk mencobanya langsung pada hypercam, jika anda belum punya software tersebut bisa download disini. Untuk mulai merekam tinggal anda tekan F2 atau tekan Start Rec. Untuk menghentikan tekan lagi F2 atau teken Stop Rec, Play untuk memainkan kembali file yang barusan anda buat, Default untuk kembali ke pengaturan awal. Help untuk bantuan jika anda merasa kesulitan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar