Sabtu, 04 Juni 2011

Software Pengoreksi Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Sekarang marak sekali sistem Pengoreksian lembar jawaban siswa, baik itu ulangan harian, semesteran sampai ke Ujian akhir Nasional. Ini adalah imbas dari maraknya IT yang bukan lagi ilmu mahal bagi semua orang dan termasuk didalamnya dunia pendidikan. Dimana pada dekade ini Lembar Jawaban Siswa tidak lagi di koreksi secara manual melainkan Dikoreksi secara aotomatic menggunakan perangkat scaner.
Diawali dari Pembaca Lembar Jawaban Komputer menggunakan sistem Optical Mark Reader (OMR) dimana sistem scaner yang digunakan merupakan sistem scaner khusus yang difungsikan melalui optic untuk membaca bagian-bagian didalam LJK tersebut atau layaknya seperti bar code didalam kemasan-kemasan produk makan. Namun dewasa ini telah berkembang suatu inovasi baru pembacaan LJK dengan sistem Scaner yang lazim digunakan menginput picture pada umumnya. Dalam bahasa pemrograman sekarang dikenal dengan Recognize mark reader, dengan pola sistem memastikan antara gambar yang dijadikan master sebagai perekognizenya dengan picture atau LJK dari siswa sebagai tujuan akhirnya, Kalau bisa diperjelas bila kita menggambar menggunakan sebuah kertas nah sistem yang sekarang banyak digunakan adalah mencoba menggambar menggunakan kertas tembus pandan/transparent dengan masternya dalam bahasa lain “ngeblat” atau ngajiplak atau nyerang.
Ada banyak sekali software tipe ini yang harganya relatif lebih ringan daripada harga OMR yang diatas 20 jutaan, diantara sebanyak software tipe ini ada yang populer adalah DMR (Digitall Mark Reader) dan SMR (Smart Mark Reader) yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan OMR (Opticall Mark Reader) dimana Scaner dalam Recognize Mark Reader ini dapat digunakan Scaner yang kebanyakan digunakan oleh masyarakat umum baik yang sifatnya Flat (manual) maupun yang Auto feeder.
Namun bagi semuanya yang ingin menikmati kemudahan dalam mengoreksi ada salah sat software yang memang diberikan secara free yaitu dai IntelliScanLJK yang dikembangkan oleh perusahaan yang berada di Banjarmasin yaitu DATAMAS COMPUTER BANJARMASIN Jl. Sultan Adam Komp. Pondok Kelapa Rt. 12 No. 40 Banjarmasin Kalimantan Selatan – Indonesia Phone : (0511) 712 8484 Cellular : +62 812 518 2324 E-Mail 1: admin@borneosoft.co.cc E-Mail 2: datamasbjm@gmail.com atau anda bisa download langsung dari situsnya : klik disini : inteliscanljk
Oke semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya dan kemajuan bangsa ini umumnya. Bravo Pendidikan Indonesia Maju Guru Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar