Sabtu, 04 Juni 2011

Apakah itu Metode Think CoW ?

Think CoW : Strategi Berpikir Logis dan Kreatif dalam Matematika

Metode Think CoW berarti metode "berpikir" (Think) untuk mencapai "Cognitive Wow" (CoW). Think CoW merupakan Penerapan Sains Kognitif agar dapat Berpikir Logis dan Kreatif dalam bidang Matematika.


Tujuan Think CoW
Tujuan utama dari Think CoW adalah mengembangkan kemampuan untuk memecahkan problem (problem solving) yang berkaitan dengan Logika dan Matematika, yang seringkali didefinisikan sebagai `kemampuan berpikir Matematika' (mathematical thinking).

Problem Matematika yang dihadapi Think CoW
Bentuk Problem Matematika yang menjadi fokus dari Think CoW adalah Soal Cerita (Word Problem), karena dengan bentuk Soal Cerita ini dapat dijembatani antara problem dalam dunia nyata dan problem dalam Matematika, terutama dalam Permodelan Matematika. Bentuk Soal Cerita adalah bentuk problem matematika dimana informasi dalam problem tersebut disajikan dalam kata-kata, alih-alih daripada dalam Notasi Matematika.

Soal Cerita merupakan bentuk yang umum untuk melatih dan menguji pemahaman konsep-konsep matematika, alih-alih daripada hanya sekedar mengajarkan dan menguji prosedur manipulasi matematika. Sehingga diharapkan dengan Soal Cerita, matematika dapat dilihat dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar