Sabtu, 04 Juni 2011

Perbedaan antara METRIS dan Think CoW

Pendidikan yang baik harus Relevan bagi kehidupan siswa nantinya. Paradigma Pendidikan Relevan, yang telah diakui oleh dunia pendidikan dapat diakronimkan sebagai:

a. 3 R (Reading, 'Riting and 'Rithmetics) dan
b. 2 P (Purpose and Programming).


3 R (Reading, 'Riting and 'Rithmetics) ini adalah kemampuan dasar yang sangat diperlukan siswa untuk hidup dalam peradaban manusia. Karena kemampuan 3 R ini juga merupakan Landasan bagi pengembangan kemampuan yang lain, maka perlu dicapai suatu Taraf Kompetensi yang tinggi dalam bidang ini. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kepercayaan diri siswa dalam meraih kemampuan-kemampuan yang lain, yang tentunya sangat membutuhkan kemampuan dasar ini.

METRIS berhubungan pengembangkan kemampuan R yang ketiga yaitu ‘Rithmetics (Aritmatika Dasar). Dengan mempelajari METRIS, siswa akan dapat menghitung Aritmatika Dasar dengan cepat dan efektif. Hal ini dapat dilakukan karena siswa akan terlatih dalam mengenali Pola Bilangan dalam perhitungan Aritmatika Dasar yang dihadapinya.

Sedangkan pengajaran 2 P (Purpose and Programming), bertujuan agar siswa mampu melihat Tujuan (Purpose) hidupnya, dan berpikir bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut (Programming). Kemampuan ini sangat diperlukan siswa ketika mereka harus terjun dalam dunia nyata sehari-hari, di mana mereka akan dituntut untuk memberikan kontribusi dalam masyarakat agar dapat hidup dengan layak.

Think CoW berhubungan dengan pengajaran 2 P (Purpose and Programming) ini. Think CoW menggunakan bidang Matematika sebagai alat untuk mengajarkan bagaimana siswa dapat merumuskan Tujuan dan kemudian melatih mereka untuk berpikir dalam mencapai tujuan tersebut.

Kemampuan 3 R maupun 2 P ini, tidak serta merta seorang anak dapat menguasainya secara mandiri, minimal perlu orang tua atau guru yang membimbing agar mereka menguasai pendidikan dasar yang relevan ini.

Perbedaan antara METRIS dan Think CoW secara Teknis adalah sebagai berikut:

1. METRIS adalah metode untuk ilmu hitung dasar (Aritmatika) sedang Think CoW adalah metode strategi berpikir Matematika khususnya diterapkan bidang Aljabar dan Geometri.

2. METRIS bertumpu pada konsep Asosiasi Posisi dalam menurunkan metodenya, sedangkan Think CoW bersandar pada Model Berpikir dalam menurunkan strategi untuk memecahkan problem Matematika.

Hubungan antara Metris dan Think CoW adalah bersifat saling melengkapi dalam bidang Matematika, masing-masing digunakan pada bidangnya sendiri-sendiri. Satu hal lagi pemisahan nama ini digunakan agar orang benar-benar tahu Perbedaan Bangunan Dasar dari keduanya, yang memang sama-sama diperlukan dalam mempelajari Matematika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar