Senin, 31 Januari 2011

Laptop & Gadget


  • Menggunakan Multimedia

    Menggunakan Multimedia

    Apa yang Anda lakukan jika sedang lelah dalam bekerja? Atau sedang stres dengan pekerjaan yang menumpuk? Tentunya Anda akan memilih untuk meninggalkan rutinitas tersebut dan memilih untuk beristirahat sejenak. Sembari beristirahat, ada baiknya Anda mendengarkan alunan musik melalui laptop atau bisa saja Anda menonton film/video melalui laptop Anda tersebut. Melalui Video Belajar kali ini, Anda akan belajar bagaimana memainkan sebuah file multimedia pada perangkat laptop Anda. Selamat Belajar Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul [...]
  • Pengaturan Backup dan Restore

    Pengaturan Backup dan Restore

    Tentunya Anda akan panik mendapati data yang ada pada laptop hilang atau terserang virus sehingga data Anda tidak bisa berjalan/ rusak. Bagaimanakah Anda mensiasati jika data-data Anda hilang ? Video berikut ini akan membimbing Anda untuk melakukan Backup dan Restore, sehingga kehilangan data pada laptop dapat diminimalisir. Selamat Belajar Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul belajar yakni: Modul 1 : Mengenal Laptop Modul 2 : Transferring Settings, E-Mail, and Documents Modul 3 : Managing [...]
  • Opening Windows

    Opening Windows

    Pada video kali ini, Anda akan belajar mengenai pengenalan sistem operasi Windows 7 serta pada video ini Anda akan mengenal lebih dalam mengenai sistem operasi Windows 7. Selamat belajar. Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul belajar yakni: Modul 1 : Mengenal Laptop Modul 2 : Transferring Settings, E-Mail, and Documents Modul 3 : Managing Files, Folders, and Extensions Modul 4 : Opening Windows Modul 5 : Pengaturan Backup dan Restore Modul 6 : Menggunakan [...]
  •  
  • Pengaturan File, Folder dan Ekstensi

    Pengaturan File, Folder dan Ekstensi

    Pada video ini, Anda akan belajar mengenai pembuatan file pada windows, pengaturan folder dokumen, dan juga ekstensi file pada setiap dokumen. Selamat belajar. Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul belajar yakni: Modul 1 : Mengenal Laptop Modul 2 : Transferring Settings, E-Mail, and Documents Modul 3 : Managing Files, Folders, and Extensions Modul 4 : Opening Windows Modul 5 : Pengaturan Backup dan Restore Modul 6 : Menggunakan Multimedia Modul 7 : Bekerja dengan [...]
  • Pengaturan Transfer, Email dan Dokumen

    Pengaturan Transfer, Email dan Dokumen

    Materi pada video ini akan membahas mengenai pengaturan transfer dari satu Laptop ke Laptop tujuan. Melakukan transfer ini, hampir sama dengan melakukan kloning. Silahkan belajar bagaimana caranya melakukan transfer user account, folder dan file, program, internet, setting email dan email contact. Juga pada video ini akan dijelaskan pula proses pengaturan akses email secara offline menggunakan Windows Live. Selamat Belajar Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul belajar yakni: Modul 1 : Mengenal Laptop Modul 2 [...]
  • Mengenal Laptop

    Mengenal Laptop

    Teknik Memelihara Laptop – Anda punya laptop dan harusnya dijaga agar awet. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang teknik memeliharanya, harus tahu dulu bagian-bagian laptop. Download: Pelajaran mengenai Teknik Memelihara Laptop ini kami bagi dalam 9 modul belajar yakni: Modul 1 : Mengenal Laptop Modul 2 : Transferring Settings, E-Mail, and Documents Modul 3 : Managing Files, Folders, and Extensions Modul 4 : Opening Windows Modul 5 : Pengaturan Backup dan Restore Modul 6 : Menggunakan Multimedia Modul 7 : Bekerja [...]
 

Microsoft Office 2007

 » Access 2007

  • Mempercantik Tampilan Report

    Mempercantik Tampilan Report

    Access 2007- Setelah anda dapat membuat report sederhana, kali ini anda akan diajak untuk melihat cara mempercantik tampilan report yang anda buat. Untuk mempercantik report yang telah dibuat, kita akan menggunakan design report untuk laporan dari data base kita. Alamat Download: Rapidshare: Modul 6 Materi Belajar Microsoft Access 2007 1. Mengenal Form dan Report 2. Mengenal Query 3. Membuat Form Sederhana 4. Membuat Report Sederhana 5. Menggunakan Kontrol 6. Multi tabel dalam Form 7. Mempercantik Report 8. PRAKTEK: Membuat Database [...]
  • Membuat Data Base Karyawan

    Membuat Data Base Karyawan

    Pada bagian pelajaran kita ini, anda akan diajak untuk membangun data base mulai dari awal sampai dengan terbentuknya data base. Disini anda akan merancang table-table yang dibutuhkan dan menentukan properties dari table serta membuat relasi antar satu table dengan table yang lainnya yang terdapat di dalam data base kita. Pada materi ini anda akan diberikan panduan untuk membuat Database karyawan. Ini merupakan sesi video terakhir pada materi Microsoft office Access 2007. Pada materi ini anda dapat melihat pembuatan database secara [...]
  • Mempercantik Tampilan Report

    Mempercantik Tampilan Report

    Access 2007- Setelah anda dapat membuat report sederhana, kali ini anda akan diajak untuk melihat cara mempercantik tampilan report yang anda buat. Untuk mempercantik report yang telah dibuat, kita akan menggunakan design report untuk laporan dari data base kita. Pada materi ini anda akan diberikan bimbingan untuk mempercantik tampilan report menjadi lebih indah dari pada tampilan standartnya.Pada video ini anda akan diberikan panduan untuk menambahkan logo pada tampilan report,mengatur jenis huruf,warna huruf,serta warna background pada report anda. Dengan demikian pastilah [...]
  •  
  • Multi tabel dalam Form

    Multi tabel dalam Form

    Access 2007 – Bagaimana kalau buat form terdiri dari beberapa tabel? Soal ini juga ternyata tidak susah, karena Access telah menyediakan berbagai fungsi dengan ringkas. Ikuti pelajaran kali ini. Pada materi kali ini Anda akan diberikan bimbingan bagaimana cara pembuatan form menggunakan Multiple Table. Untuk membuat form dengan Multiple Table ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti harus terdapat relationship antara tabel yang satu dengan tabel yang lainnya. Agar terbentuk form yang anda inginkan. Pada video ini anda akan diberikan contoh [...]
  • Menggunakan Kontrol di Access 2007

    Menggunakan Kontrol di Access 2007

    Access 2007 – Setelah belajar report selanjutnya anda akan belajar cara membuat tombol kontrol, dengan Kontrol ini membantu meningkatkan interaktif dan kehandalan Form atau report. Pada materi ini anda akan diberikan panduan untuk menggunakan tombol control yang biasa digunakan seperti penggunaan combo box,list box,check box dan lainnya. Pada materi ini semua tombol itu akan kita coba gunakan sehingga anda dapat memamfaatkan tombol tersebut agar mendapatkan hasil form yang baik. Pilihan – pilihan tersebut digunakan apabila anda membutuhkan menu drop down [...]
  • Membuat Report Sederhana

    Membuat Report Sederhana

    Access 2007 – Setelah bisa membuat form, selanjutnya anda belajar membuat Report. Memebuat laporan yang desainnya diserahkan ke kita sendiri, mau cepat atau cantik atau disesuaikan dengan keinginan kita. Access memberikan keleluasaan yang besar sekali dan tentunya mudah menggunakannya. Selamat mencoba. Pada materi ini anda akan diberikan bimbingan untuk membuat suatu report dari database yang telah kita buat sebelumnya.Terdapat 2 cara dalam pembuatan report ini yaitu membuatnya menggunakan report wizart ataupun menggunakan design report.Pada video ini akan diterangkan langkah-langkah pembuatan [...]
  •  
  • Membuat Form Sederhana

    Membuat Form Sederhana

    Access 2007 – Selanjutnya kita akan mempelajari cara membuat form sederhana yang menjadi basis skill anda dalam membuat program database dengan Access 2007.  Pada materi ini Anda akan diberikan bimbingan untuk langkah-langkah pembuatan form di Microsoft Office Access.Pada pembuatan form ini terdapat tiga cara yang umum yaitu dengan menggunakan tombol form secara langsung,menggunakan form wizard serta membuat form tersebut dengan menggunakan form design. Kelebihan dari pada form design yaitu  anda dapat membuat form sesuai dengan kehendak hati kita mulai dari [...]
  • Mengenal Query Access 2007

    Mengenal Query Access 2007

    Access 2007 – Setelah kita mengenal Form, langkah selanjutnya adalah memilah dan memilih informasi yang akan ditampilkan atau disajikan di Access 2007. Pemilihan informasi ini diambil dari field yang berasal dari tabel. Mau tau caranya? Silahkan pelajari video berikut ini.  Pada materi ini anda akan diberikan panduan untuk mengenal Query dalam Microsoft Office Access 2007.Pada materi ini anda akan diberikan penjelasan mengenai Apa itu Query, ada berapa jenis Query pada Microsoft Office Access serta Anda juga akan diberikan panduan unutk [...]
  • Pengenalan Form Access 2007

    Pengenalan Form Access 2007

    Access 2007 – Dalam membuat database perusahaan, kita akan bersentuhan dengan Form, yang merupakan tempat field-field dimasukkan dalam sebuah format baku di Access 2007. Pembuatannya sangat ringkas dan sederhana sehingga bagi non programmer dapat menggunakannya dengan mudah. Pada materi ini anda akan diberikan bimbingan untuk mengenal Microsoft Office Access dimana pada materi ini diperkenalkan tampilan form dari suatu tabel data. Pada tabel data terdapat dua bagian umum seperti field dan record yang masing-masing pengertiannya tertera pada video ini. Pada materi [...]

e-book

  • Buku Latihan PowerPoint 2007-SMA

    Buku Latihan PowerPoint 2007-SMA

    Melanjutkan edisi sebelumnya tentang Buku Latihan, kali ini kami telah membuat buku latihan PowerPoint untuk SMA, yang lebih Advance dari materi SMP dan juga lebih tebal serta lengkap. Anda dapat menggunakannya sebagai sarana belajar di kelas. synthroid appetite Mohon masukannya untuk menjadi bahan pertimbangan untuk edisi Buku Latihan selanjutnya. Jika anda mau mereviewnya ataupun mau mempublikasikannya untuk anak didik anda. Terima kasih…, salam perjuangan dalam mencerdaskan anak bangsa. Link Download : :
  • Buku Latihan Excel – SMA

    Buku Latihan Excel – SMA

    Anda masih SMA, atau Guru TIK SMA, gunakan buku ini jadi latihan di sekolah. Gampang print dan fotocopy buat dipelajari rame-rame di kelas. Anda bisa gunakan menjadi pendamping belajar, jika ada yang kurang jelas bisa diskusi di website ini. Link Download
  • Buku Latihan Word 2007 – SMA

    Buku Latihan Word 2007 – SMA

    Melanjutkan edisi sebelumnya mengenai Buku Latihan, kali ini kami membuatkan sebuah buku latihan untuk SMA Kelas X Semester 2, lebih advanced dari materi SMP dan tentunya lebih tebal karena latihan-latihannya cukup banyak. Mohon masukannya untuk menambah kualitas buku di edisi berikutnya. Dengan kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih, jika anda mau mereviewnya ataupun mau mempublikasikannya untuk anak didik anda. Terima kasih…salam perjuangan dalam mencerdaskan anak bangsa. Link Download
  •  
  • Buku Latihan Excel 2007-SMP

    Buku Latihan Excel 2007-SMP

    Peningkatan kualitas pembelajaran di tanah air merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa Indonesia, peningkatan kualitas ini penting karena dengan adanya kualitas akan meningkatkan daya saing bangsa kita. Sebagai bangsa yang besar, diperlukan usaha-usaha yang besar pula guna mereformasi semua lini pembangunan bangsa, terutama pendidikan. Pendidikan merupakan jalur penting setiap anak di Indonesia yang tentu saja mereka akan menjadi penerus bangsa ini. Beranjak dari hal di atas, kami tergerak untuk membuat sebuah Buku Seri Latihan khususnya di bidang ICT. Buku ini [...]
  • Buku Latihan PowerPoint 2007-SMP

    Buku Latihan PowerPoint 2007-SMP

    Peningkatan kualitas pembelajaran di tanah air merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa Indonesia, peningkatan kualitas ini penting karena dengan adanya kualitas akan meningkatkan daya saing bangsa kita. Sebagai bangsa yang besar, diperlukan usaha-usaha yang besar pula guna mereformasi semua lini pembangunan bangsa, terutama pendidikan. Pendidikan merupakan jalur penting setiap anak di Indonesia yang tentu saja mereka akan menjadi penerus bangsa ini. Beranjak dari hal di atas, kami tergerak untuk membuat sebuah Buku Seri Latihan khususnya di bidang ICT. Buku ini [...]
  • Buku Latihan Word 2007-SMP

    Buku Latihan Word 2007-SMP

    Peningkatan kualitas pembelajaran di tanah air merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa Indonesia, peningkatan kualitas ini penting karena dengan adanya kualitas akan meningkatkan daya saing bangsa kita. Sebagai bangsa yang besar, diperlukan usaha-usaha yang besar pula guna mereformasi semua ini pembangunan bangsa, terutama pendidikan. Pendidikan merupakan jalur penting setiap anak di Indonesia yang tentu saja mereka akan menjadi penerus bangsa ini. Beranjak dari hal di atas, kami tergerak untuk membuat sebuah Buku Seri Latihan khususnya di bidang ICT. Buku ini [...]

Sabtu, 29 Januari 2011

Beragam Manfaat Dari Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang kaya manfaat. Sebuah studi dari University of Michigan Cardiovaskular Center menemukan, buah berwarna gelap ini bisa mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko penyakit jantung serta sindroma metabolik. Sebuah studi lain yang dipublikasikan di 2009 Experimental Biology conference juga menyatakan, diet yang kaya blueberry berfungsi menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kontrol glukosa dan sensitivitas insulin, menurunkan risko penyakit jantung dan diabetes.
Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah-buahan sebaiknya mulai mempertimbangkan bluberi atau stroberi sebagai pilihan. Riset terbaru mengindikasikan, kebiasaan mengudap buah segar yang satu ini memberi manfaat besar bagi kesehatan, yakni membantu menurunkan tekanan darah.
Dalam studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition itu, para ilmuwan menemukan khasiat nyata bluberi setelah memantau diet sekitar 160.000 pria dan wanita selama 14 tahun. Para ilmuwan menganalisa salah satu unsur dalam diet tersebut yakni zat antioksidan yang disebut flavonoid.
Kajian menunjukkan, mereka yang paling banyak mengonsumsi anthocyanin— salah satu jenis flavonoid— tercatat 12 persen lebih rendah mengalami risiko tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi buah yang mengandung zat antioksidan tersebut .
Bluberie dan stroberi adalah dua jenis buah yang diyakini menjadi sumber terbaik anthocyanin. Faktanya, mereka yang secara rutin memakan sekitar 1/2 cangkir bluberi dalam sepekan tercatat 10 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi ketimbang mereka yang tak pernah memakan buah ini. Riset-riset terdahulu juga ada yang mengaitkan zat anthocyanin dengan pembuluh darah yang lebih lentur.
“Anthocyanin dapat meningkatkan produksi natrium oksida dalam tubuh, yang membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur sehingga darah dapat dengan lebih mudah melewatinya,” jelas Aedin Cassidy, Ph.D., peneliti dari University of East Anglia, Inggris.
Tetapi bagaimana dengan antioksidan yang lain? Para ilmuwan juga pernah melakukan kajian terhadap jenis flavonoid lain — yang terkandung dalam cokelat hitam, anggur merah dan teh — dan semuanya memiliki khasiat menekan risiko hipertensi.
Tetapi flavanoid pada bluberi rupanya masih lebih unggul. “Zat antioksidan lainnya juga dapat menekan risiko tingginya tekanan darah, tetapi tidak sebaik anthocyanin. Kenapa? Perkiraan Anda tidaklah sebaik yang mereka punya, tetapi penelitian di masa depan akan mengungkap pertanyaan tentang ini,” ujar Cassidy.
Masih belum semangat menambah konsumsi buah sehat ini? Berikut beberapa manfaat lainnya.
1. Blueberries merupakan buah yang paling kaya antioksidan seperti Anthocyanin, vitamin C, B kompleks, vitamin E, vitamin A, tembaga, selenium, seng, besi. Semua kandunagn ini berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, maka Anda akan terhindar dari serangan flu, demam, campak, serta infeksi lain yang sering terjangkit di masyarakat.
2. Blueberry, dengan kandungan antioksidan Anthocyanin di dalamnya merupakan buah yang bisa menetralkan radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan. Selain itu, kandunganvitamin C yang tinggi juga turut membantu memperlambat proses penuaan.
3. Membantu mengurangi lemak perut. Sebuah studi dari University of Michigan Cardiovascular Center menemukan kalau buah satu ini juga bisa membantu membakar lemak di perut. Lemak di perut berisiko memicu diabetes dan penyakit jantung.
4. Membantu menjaga kesehatan saluran kencing. Pembentukan koloni bakteri tertentu seperti bakteri-coli di lapisan dalam dinding saluran kencing merupakan penyebab infeksi. Infeksi ini akan menimbulkan peradangan yang menimbulkan sensasi seperti terbakar serta komplikasi lainnya. Danblueberry bisa membantu Anda mencegah hal ini. Buah ini mengandung komponen yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, blueberry juga mengandung komponen antibiotik.
5. Menajamkan penglihatan. Ekstrak blueberry yang kaya akan anthocyanosides, berdasarkan studi klinis bisa memperlambat hilangnya penglihatan. Kandungan ini bisa mencegah gangguan-gangguan mata seperti macular degeneration, katarak, miopi dan hipermetropi, mata kering dan infeksi, khususnya yang berkaitan dengan retina.
6. Menjaga kesehatan otak. Kandungan di dalam blueberry seperti anthocyanin, selenium, vitamin A, vitamin B kompleks, C, dan E, seng, sodium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, dan mangan, merupakan beberapa zat di dalam buah ini yang bisa mencegah dan menyembuhkan gangguan saraf dengan cara mencegah penurunan fungsi dan kematian neuron-neuron, sel-sel otak serta mengembalikan kesehatan sistem saraf pusat. Kandungan ini bahkan bisa menyembuhkan kerusakan sel-sel otak dan jaringan neuron serta menjaga agar daya ingat tetap tajam. Para peneliti menemukan, diet yang kayablueberry secara signifikan bisa meingkatkan kemampuan motorik dan kemampuan belajar.
7. Penyakit jantung. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi membuat blueberry mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Selain itu, buah ini juga bisa menguatkan otot-otot jantung.
8. Konstipasi dan pencernaan. Kandungan serat dalam blueberry juga bisa membantu mengatasi masalah konstipasi dan pencernaan.
9. Kanker. Blueberry mengandung komponen Pterostilbene yang bisa membantu menyembuhkan kanker kolon dan kanker liver. Selain itu, blueberry juga mengandung ellagic acid yang bekerja sama dengan Anthocyanin, vitamin C dan tembaga bisa mencegah dan menyembuhkan kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan phenolic dalam blueberry bisa menghambat pembelahan sel-sel kanker kolon dan membunuh sel-sel kanker tersebut. (Suaramedia.com)

Tanaman Obat Keluarga #2 : Kunyit


By Ibujempol
berikutnya yg saya bahas adalah kunyit.   Rimpang dan daun kunyit selain sebagai bumbu di banyak masakan indonesia,  punya banyak khasiat sebagai obat natural / herbal.  Silakan simak khasiat kunyit dan bagaimana membuat jamu dan jus atau obat2an berbahan kunyit untuk , , , , amandel, usus buntu, morbili , dll
Kunyit - Curcuma domestica / Curcuma longa
Kunyit - Curcuma domestica / Curcuma longa
Kunyit (Curcuma longa, Linn atau Curcuma domestica atau synonim lainnya Curcuma rotunda) dengan nama lokal sbb :
* Inggris / America : turmeric / Indian saffron
* Perancis : Curcuma, Safran des Indes, Terre-mérite, Souchet des Indes
* Jerman : Curcuma, Kurkuma, Indischer Safran, Gelbwurz
* Belanda : Kurkuma
* India : Haldi (Hindi) ; Manjal (Tamil ; Haldi, Zard chub  (Urdu)
* Thailand : Kha min chan, Khamin heluong, Kha min; Wanchakmadluk
* Indonesia : Kunyit (Indonesia) ; Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura); Kuning (Maluku)
* Nama Farmasi : Rhizoma curcumae

Bahan: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus dan dibalurkan seputar payudara sekali setiap 2 hari terutama pada masa awal menyusui.
Haid tidak lancar
2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.  Semua bahan ditumbuk halus, direbus dgn 1 liter air sampai mendidih, saring dinginkan.
Minum 1 gelas sehari.
Sakit Keputihan / Pek Tay
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren.  Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.
Minum 1 gelas sehari.
Perut mulas pada saat haid
1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 2 rimpang kencur sebesar 4 cm.  Semua  bahan  dicuci bersih dan diparut, ambil airnya.  Tambahkan perasan jeruk nipis, diseduh dgn stengah gelas air panas, kemudian saring.
Tambahkan garam dan gula sesuai selera.  Minum pada hari pertama haid.
Diabetes mellitus
3 rimpang kunyit + 1/2 sendok the garam direbus dgn 1 liter air sampai mendidih kemudian saring dan dinginkan.  Minum rebusan ini @ stengah gelas 2x seminggu
Tifus
2 rimpang kunyit + 1 bonggol sere + 1 lembar daun sambiloto ditumbuk halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk rata kemudian disaring.  Minuman ini diminum sekali sehari selama 1 minggu.
Berak lendir
1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4  sendok makan kapur sirih direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas.  Saring.  Minum pagi dan sore masing2 stengah gelas.
Usus buntu
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.   Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.  Minum setiap pagi setelah makan.
Disentri
1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.  Semua bahan  direbus dengan 2 gelas air sampai  tinggal 1 gelas kemudian disaring.  Diminum  sampai sembuh
Cangkrang (Waterproken)
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, ditumbuk sampai halus, kemudian oleskan dibagian yg sakit
Amandel
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu.  Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk
sampai merata dan disaring.  Minum secara rutin 2 hari sekali
Morbili
1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle ditumbuk sampai halus dan oleskan kebagian yg sakit.

Related Posts with Thumbnails

5 Jenis Tanaman Obat Indonesia | Tanaman Obat Tradisional Beserta Gambar


By Ibujempol
Seri Jenis- Jenis  beserta fungsinya.  Untuk seri 1 menampilkan gambar , ,  gambar , tapak dara dan ketepeng cina.
Ketepeng Cina (Cassia alata, Linn.)
Nama Lokal :
Seven golden candlestik (Inggris), Ketepeng kebo (Jawa); Ketepeng cina (Indonesia), Ketepeng badak (Sunda); Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera),; Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore); Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kap (Sumatera); Daun Sena
Gambar Tanaman Obat Ketepeng Cina - Cassia alata, Linn
Ketepeng Cina - Cassia alata, Linn
Bagian yang dipakai : Daun.
Khasiat / Manfaat Ketepeng Cina / Daun Sena
1. Panu, kurap
Bahan: 1 genggam daun ketepeng cina segar, sedikit tawas (atau 1
sendok makan kapur sirih)
Cara membuat: semua bahan direbus, dilumatkan sampai menjadi
bubur
Cara menggunakan: digosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit, 2 x
per hari
2. Sembelit (susah buang air besar)
Bahan: 7 lembar daun muda ketepeng cina segar,
Cara membuat: Bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih
sampai menjadi 1 gelas
Cara menggunakan: diminum sekaligus
3. Sariawan
Bahan: 4 lembar daun ketepeng cina segar, garam secukupnya.
Cara menggunakan: dicuci bersih, dikunyah dengan garam
secukupnya (seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit,
kemudian airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
4. Cacing Keremi pada anak-anak
Bahan: 7 lembar daun ketepeng cina segar, asam secukupnya untuk
menghilangkan bau, 2 sendok teh bubuk akar kelembak.
Cara membuat : Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga
mendidih sampai menjadi 1 gelas, disaring.
Cara menggunakan:  Sesudah hangat diminum
Obat alami, efektif dan prakstis Klik di sini 


Hedyotis corymbosa synonim Oldenlandia corymbosa, Linn.
Nama Lokal :
Rumput siku-siku, bunga telor belungkas (Indonesia); Daun mutiara, (Jakarta); Katepan, urek-urek polo (Jawa), Pengka (Makasar); Shui xian cao (China).
Gambar Tanaman Obat Rumput Mutiara - Hedyotis corymbosa
- Hedyotis corymbosa
Bagian yg dipakai:
Seluruh tanaman, segar atau dikeringkan.
Khasiat / manfaat  :
- Tonsilitis, pharyngitis, bronchitis, pneumonia, gondongan (Mumps).
- Radang usus buntu (Acute appendicitis).
- Hepatitis, cholecystitis.
- Penyakit radang panggul (Pelvic inflammatory disease), infeksi
saluran kemih.
- Bisul (carbuncle), borok,
- Kanker: Lymphosarcoma, Ca lambung, Ca cervix, kanker payudara,
rectum, fibrosarcoma, dan Ca nasopharynx.
(Phaleria macrocarpa )
Nama Lokal :
Nama daerah :Simalakama (Melayu), makutadewa, makuto mewo, makuto ratu, makuto rojo (Jawa). NAMA ASING – NAMA SIMPLISIA Phaleriae Fructus (buah ).
Gambar Tanaman Obat Mahkota Dewa - Phaleria macrocarpa
- Phaleria macrocarpa
Bagian yang digunakan :
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun; daging dan kulit buahnya. Daun dan kulit buah bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan, sedangkan daging buah digunakan setelah dikeringkan.
INDIKASI
Kulit buah dan daging buah digunakan untuk:
- disentri,
- psoriasis, dan jerawat.
Daun dan biji digunakan untuk pengobatan:
- penyakit kulit, seperti ekzim dan gatal-gatal.

Curcuma zedoaria (Berg.) Roscoe.)
Nama asing : Zedoary,  Hidden Ginger, Red Leaf Spice Ginger
Curcuma zedoaria
Gambar Tanaman Obat Temu Putih - Curcuma zedoaria (Berg.) Roscoe.
- Curcuma zedoaria (Berg.) Roscoe.
Kegunaan : Sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas.
Tapak Dara (Catharantus roseus (L.) G. Don.)
Nama Lokal :
Perwinkle (Inggris), Chang Chun Hua (Cina); Keminting Cina, Rumput Jalang (Malaysia); Tapak Dara (Indonesia), Kembang Sari Cina (Jawa); Kembang Tembaga Beureum (Sunda)
Gambat Tanaman Obat Tapak Dara - (Catharantus roseus (L.) G. Don.)
Gambat Tanaman Obat Tapak Dara - (Catharantus roseus (L.) G. Don.)

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Diabetes, Hipertensi, Leukimia, Asma, Bronkhitis, Demam; Radang Perut, Disentri, Kurang darah, Gondong, Bisul, Borok; Luka Bakar, Luka baru, Bengkak.

Tanaman Obat Keluarga & Khasiatnya 1: Kencur

By Ibujempol

Banyak bahan2 disekitar kita yg bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural / herbal . Berikut secara bersambung saya akan menulis   dari bahan yang ada di sekitar kita : dan hias : kencur, kunyit, jahe, bunga tapak dara, bunga melati, bunga tai kotok dan masih banyak yg bisa dijadikan menyembuhkan berbagai penyakit.
Tanaman Kencur - Kaempferia galanga
Kencur - Kaempferia galanga
Kali pertama saya bahas tentang kencur.
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya di masing2 daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa atau cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).  Nama lainnya : Lesser galangal or Alpinia officinarum (synonym Languas officinarum),  Sand ginger, Aromatic Ginger or Resurrection Lily.
Saya suka ini dan menanamnya di halaman maupun pot sebagai hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai hias.  Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalo gak ada halaman tanam aja di pot.
Kencur gak perlu perawatan ekstra.  Cukup menanam rimpang / rhizomenya ke dalam tanah di tempat terbuka, jangan terlalu basah. Tanah dengan air yg tergenang tdk disukai kencur.  Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya di musim hujan.
Selain untuk bumbu masakan spt urap, karedok, dan banyak lagi, kencur bisa dijadikan untuk menyembuhkan penyakit2 beikut ini :
Obat alami Influenza dan Batuk pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun
kemukus (lada berekor/ Cubeb) tumbuk halus,tambahkan beberapa sendok air hangat.  Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : kencur dibersihkan kulitnya, diparut dan peras, ambil sarinya, tambahkan 1 sendok air hangat, diminumkan ke bayi (ini utk bayi yang sdh makan MPASI ya, kalo yg masih ASI eksklusif hanya berikan asi saja, atau 1 tetes sari kencur dicampur ASI)
Radang Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala ditumbuk halus, diberi 2 sendok air hangat dan dibalurkan diseputar hidung.
Obat Batuk
1 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum hangat 1 – 3x / hari.
Bisa juga dengan mengunyah kencur segar (ini kalo kuat tahan pedes dan bau kencur), kunyah aja kencur dan diisap sarinya, ampasnya dibuang.  Sangat ampuh, sy selalu menggunakan cara ini.
Obat Radang Lambung dan masuk angin.
Untuk radang lambung :2 rimpang kencur sebesar ibu jari. dibersihkan dan dikunyah spt untuk obat batuk, ampasnya dibuang kemudian minum segelas air.  Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.
Untuk masuk angin : kencur dimakan dengan garam, bagaikan lalapan kemudian minum segelas air putih. Lakukan pagi dan malam.
Ramuan untuk menurunkan berat badan / melangsingkan tubuh.
2 rimpang kencur dibersihkan, parut, ambil sarinya, tambahkan madu.  Minum secara teratur pagi dan malam.  Ini sudah dicoba seorang teman dan berhasil.
Obat alami Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres/pilis pada dahi.
Obat Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 cangkir air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak pilis / kompres.
Menghilangkan Lelah.
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah.  Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk  pria bisa ditambah dengan 1 potong lengkuas  lada secukupnya.
Menghilangkan Darah Kotor
4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,  adas pulawaras secukupnya.
Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring.  Minum 2 kali sehari secara teratur.
Ramuan Memperlancar haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.
Caranya : kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Minum sekali sehari 2 cangkir sekaligus.
Mata Pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.
Tapal untuk Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipis dgn air secukupnya. Oleskan/digosokan pada bagian yang  keseleo sebagai parem / bedak.
Lihat juga resep membuat beras kencur

WORTEL-2

Wortel Turunkan Kolesterol dan Hindari Resiko Stroke (Bag. 2)



Quantcast
Kolesterol Menurun
Wortel dapat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah- Seperti penelitian Robertson di Universitas Florida dengan mengkonsumsi wortel segar atau mentah sebanyak 200 gram sehari selama tiga minggu dapat mengurangi kadar kolesterol darah sebesar 11 persen. Penurunan tersebut cukup bermakna karena penurunan satu persen kolesterol sama artinya dengan pengurangan resiko penyakit jantung kira-kira dua persen oleh karena itulah dengan mengkonsumsi wortel selama 3 minggu dapat mengurangi 22 persen penyakit jantung.
Turunkan Risiko Stroke
Penelitian di Universitas Harvard, AS yang dilakukan pada hampir 90 ribu perawat perempuan selama 8 tahun mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi wortel paling sedikitnya lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sekitar 68 persen bila dibandingkan makan wonel satu kali sebulan. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas antioksidannya. Beta karoten menghambat kolesterol agar tidak bersifat racun dan tidak mampu membentuk plak dan gumpalan pada pembuluh darah.
Penelitian pada Universitas Brussel, saat menganalisis darah 80 pasien dalam 24 jamsetelah terkena stroke menunjukkan bahwa pasien strokedengan jumlah vitamin A diatas rata-rata, termasuk beta-karoten lebih memiliki peluang beftahan, mempunyai lebih sedikit kerusakan neurologis (saraf) dan sembuh sama sekali. Hal ini diduga karena waktu otak tidak memperoleh oksigen beberapa lama. Seperti pada kondisi stroke, sel mulai mengalami malfungsi (gangguan fungsi) yang menyebabkan rangkaian kejadiaan mencapai puncaknya ketika pada sel-sel saraf terjadi kerusakan oksidatif. Kondisi tersebut dapat diredam jika dalam darah terdapat banyak vitamin A sehingga dapat memperkecil kerusakan otak dan kemungkinan dari kematian.
Kesuburan Suami lstri
Wortel dapat pula meningkatkan kesuburan bagi wanita dan meningkatkan kualitas sperma pria, dengan cara mengkombinasikan antara wortel, apeldan tauge. Satu buah apel, tiga ons wortel dan setengah kilogram taoge bisa untuk sekali minum suami-istri. Jus dibuat dengan cara taoge dijus lebih dahulu dengan menambahkan sedikit air setelah itu wortel beserta apel. Jus setelah halus disaring dan diminum setiap pagi dan sore.
Kandungan Nutrisi
Dalam sebuah wortel yang panjangnya sekitar 20 cm dengan diameter 3 cm (100 gram wortel segar) mengandung 27 mg kalsium, 76 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, 34 mg sodium, 246 mg potasium, vitamin A 7,93 lU (lnternational Unit), seju mlah vitamin B komplek dan 6 mg vitamin C. Menurut laboratorium Lancaster Inggris menemukan nutrisi tambahan dalam seperseratus gram jus wortel terdapat 8,2 mg magnesium, 0,2 ppm kromium dan gula yang terdiri dari 1,5 % fruktosa, 0,8 dektrosa, 1,9 sukrosa, 0,3 maltosa, 0, 5 laktosa sehingga total menjadi 4% Kandungan nutrisi wortel tersebut tentu tidak lepas dari jenis dan kualitasnya beta karoten yang terkandung.

MANFAAT WORTEL

Umbi berwarna oranye yang kaya nutrisi ini sudah lama dianggap berkhasiat memperbaiki penglihatan. Wortel (Daucus carota L) kaya akan kandungan beta karotein. Apabila zat tersebut berada di tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang sangat penting untuk fungsi retina.

Wortel Tak Hanya Atasi Sakit Mata (Bag. 1)


Quantcast
Pengobatan Mata
Sepertiyang dialami seorang karyawati di kantor di Phoenix Arizona Amerika, mengalami ketegangan dikedua matanya dan tiba-tiba pandangannya buram. la sembuh kembali setelah dua bulan mengkonsumsijus wortel beserta daunnya dengan perbandingan 3:1. Pengobatan gangguan mata yang dilakukan oleh sinshe Johanes di Jakarta dengan mengkombinasikan jus wortel dengan lobak. Dua ons wortel ditambah setengah ons lobak putih beserta daunnya sangat baik untuk mengobati gangguan mata. Vitamin A hanya dapat memperbaiki penglihatan bila masalah penglihatan tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin A bukan mengobati kebutaan mata.
Pelindung Kanker
Beta karoten selain diubah menjadi vitamin A, dapatjuga sebagai pelindung terhadap kanker karena beta karoten tersebut mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralkan radiasi bebas molekul tidak stabil dihasilkan oleh radiasi matahari, rokok dan pengaruh-pengaruh lainnya. Radiasi bebas molekul atau bebas dapat merusak sel-sel tubuh sama dengan Proses oksigen merubah mentega menjadi bau tengik atau kertas berubah warna menjadi kuning. Selain beta karoten, mengandung antioksidan fenolat. Penelitian Yang telah lakukan pada manusia menunjukkan bahwa pola makan yang menyertakan wortel walaupun dalam jumlah sedikit per hari dapat mengurangi penyakit kanker paru-paru hingga sekitar 50 Persen.

Minggu, 23 Januari 2011

7 cara menjadi guru yang profesional dalam bersikap

1.      Anda sedang berada diruang guru untuk beristirahat atau sekedar berkumpul dengan rekan sejawat? Sedikit demi sedikit ubah kebiasaan untuk membicarakan hal dan topik diluar areal kita sebagai pendidik professional. Pertama kali anda mungkin akan dianggap aneh, namun sebagai guru jangan khawatir dianggap aneh jika yang kita maksudkan adalah demi perbaikan pola pikir dalam bersikap dan berkarier. Sekarang mana yang lebih penting, membicarakan gosip artis terbaru atau menganalisa pola pikir pemilih pemula dalam pemilu yang baru lalu yang nota bene adalah siswa-siswi kita? Tidak itu saja banyak topik yang jika kita renungkan, tidak layak didiskusikan oleh guru sebagai pendidik. Jika anda masih merasa sulit untuk melakukan hal diatas, caranya gampang, cukup cari bacaan yang bermanfaat, bacalah maka anda akan terhindar dari pembicaraan yang sia-sia di ruang guru.
2.      Jika anda punya rekan baru, bimbinglah dan berikan support dan dukungan untuk maju dengan cara selalu berkomentar positip untuk hal-hal yang dilakukannya. Tempatkan diri anda pada dirinya, maka anda akan menjadi rekan kerja yang supportif dan mau mengerti.
3.      Saat rapat, usahakan lah memberikan ide yang terbaik, masalahnya bukan pada diterima atau tidak, tapi sudahkah anda belajar meyakinkan orang lain bahwa ide andalah yang terbaik. Hal yang terbaik ketika meyakinkan rekan sekerja adalah dengan menggunakan data yang berupa hasil riset.
4.      Jadilah guru yang berpikiran terbuka atas ide atau pendapat orang lain, menyadari kelemahan dan kekuatan diri kita sendiri, dijamin makin hari wawasan dan kualitas diri kita sebagai guru akan bertambah.
5.      Ciptakan jaringan bagi diri sendiri yang membuat anda semakin hari berubah kearah guru yang lebih baik. Gunakan situs pertemanan seperti facebook untuk membuat jaringan pada pribadi-pribadi yang membuat anda bersemangat untuk maju. Jangan gunakan situs pertemanan untuk pelarian ketika anda mempunyai masalah dengan rekan sekerja di sekolah. Sambil berusaha sedikit demi sedikit menyelesaikan hal yang mungkin menjadi ganjalan , buktikan bahwa jika anda tidak mendapatkan support yang baik disekolah anda bisa mendapatkannya dengan bantuan teknologi.
6.      Semua guru berbeda, seperti juga terhadap siswa, sebagai rekan kita semestinya menjadikan perbedaan itu sebagai anugrah. Dengan menyadari perbedaan, pikiran kita akan lebih cepat terbuka ketika menerima kritik, masukan dan ide dari rekan sekerja. Saat yang sama kita menjadi lebih jujur mengenai kelebihan dan tidak malu mengatakan kekurangan sebagai pribadi.
7.      Jangan takut untuk dibicarakan oleh orang lain ‘dibelakang’. Terkadang sebagai guru, hanya karena takut dibicarakan orang lain dibelakang, guru menjadi malas untuk berinovasi dan melakukan sesuatu dengan cara yang kreatif dan beda. Padahal jika sebagai guru, kita yakin bahwa hal yang kita lakukan demi kebaikan siswa, untuk apa pusing mendengarkan pendapat orang lain. Mari mensucikan niat bahwa semua hal yang terbaik yang kita lakukan adalah demi mempersiapkan masa depan siswa, bukan demi karier, demi dipuji rekan, atasan dan orang tua siswa.

Guru Kreatif. Creative Teacher

10 ciri guru profesional

1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.
2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.
3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.
4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.
6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.
7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.
8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.
9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.
10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.
Disarikan dari situs Apple for the teacher

Tutorial Multimedia Pembelajaran

Tutorial Captive Tutorial Media Pembelajaran Menggunakan Camtasia Tutorial Moodle Tutorial-praktis-1-membuka-power-point Tutorial-praktis-2-menjalankan-power-point-sop TentangCDMultimediaInteraktif ProduksiCDMultimediaInteraktif

Materi Pelatihan Multimedia untuk Guru SMA

Quantcast
Pengenalan_ICT Pengenalan Internet Jul06 Revised PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MANAJEMEN FILE Multimedia P Slamet
 

Materi Pelatihan Pemanfaatan ICT untuk guru

Materi Berformat word TIK untuk pembelajaran Jaringan komp dan pemanfaatannya(klp) Pemanfaatan internet dlm pembelajaran Pengembangan RPP yang mengintegrasikan TIK Strategi Pembelajaran berbasis TIK e-dukasinet Pemanfaatan MM pembelajaran Pemanfaatan Media Audio Radio Pembuatan media presentasi Materi Berformat  ppt 1 TIK untuk pembelajaran REVISI 2 jaringan komp dan pemanfaatannya 3 pemanfaatan internet dlm pembelajaran-rev-1 4 pengembangan rencana pembelajaran yg mengintegrasikan TIK 5 strategi pembelajaran berbasis TIK 10 pembuatan media presentasi

Lesson Study 2

Download: SAYA GURU YANG BAGAIMANA YA?
REFLEKSI
Peran Pengawas
Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Lesson Study
LESSON STUDY, SMA 1 PBG
PEMBELAJARAN YG BAIK
Lembar Observasi
LEMBAR OBS LS
INSTRUMEN 2
DENAH OPEN CLASS IPA
1. Lembar Observasi 1
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM LESSON STUDY
Sekolah/Kelas  : _______      Hari/Tanggal               : __________
Mata Pelajaran: _______      Observer (Pengamat):  _________
Petunjuk:
  1. Observasi ditekankan pada kegiatan siswa selama pembelajaran.
  2. Catatlah nama atau nomor siswa yang anda amati.
  3. Catatlah waktu terjadinya peristiwa yang anda amati.
A.     Kapan siswa mulai berkonsentrasi untuk belajar?
 
B.     Kapan siswa berhenti berkonsentrasi (bosan) dalam belajar?
 
C.     Apa yang anda peroleh dari observasi pembelajaran siswa?
 
2. Lembar Observasi 2
LEMBAR OBSERVASI
Pengantar  :
-          Perlu diingat bahwa yang menjadi fokus observasi adalah proses belajar siswa
-         Fokus pengamatan yang ditawarkan pada lembar observasi ini hanya bersifat alternatif.  Para observer dapat mengembangkan sesuai keperluan masing-masing dengan tetap fokus pada kegiatan belajar siswa.
Aspek-aspek yang diamati ;
1.       Bagaimana interaksi yang terjadi antar siswa ?
2.       Bagaimana interaksi yang terjadi antara siswa dengan guru ?
3.       Bagaimana proses eksplorasi pemahaman materi ajar oleh siswa ?
4.       Manfaat apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran hari ini ?

3.  Lembar Observasi 3
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LSBS)

Hari, Tanggal              : ………………………………………..
Mata Pelajaran           : ………………………………………..
Observer/Pengamat    :……………………………………………
No Komponen Deskripsi Pengamatan Waktu
1 Apakah siswa dapat berpikir pada topik pembelajaran saat ini? 

2 Siapakah siswa-siswa yang tidak dapat belajar pada pembelajaran saat ini? 

3 Menurut anda, mengapa siswa-siswa tersebut tidak dapat belajar pada saat ini? 

4 Untuk membuat siswa dapat belajar cara dan alat  apa yang digunakan oleh guru model? Apakah berhasil? 

Sumber  File : Dra. Ibu Sri Hartati, M.Pd,  Widyaiswara LPMP Jawa Tengah

Sabtu, 22 Januari 2011

MAMPUKAH MGMP MENJADI AKSELERATOR GURU?



Secara jujur harus diakui, keberadaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) selama ini terkesan “mandul” dan belum memiliki peran yang bermakna dalam melakukan perubahan substansial dan mendasar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Yang menyedihkan, MGMP dinilai hanya merupakan “tangan panjang” birokrasi semacam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) atau Dinas Pendidikan. MGMP lebih terkesan membela kepentingan birokrasi ketimbang memberdayakan guru. Sikap kritis dan responsif para guru pun dianggap sebagai “kerikil” yang harus disingkirkan. Yang lebih menyedihkan, MGMP dinilai hanya dijadikan “jembatan” bagi guru tertentu untuk memburu jenjang karier yang lebih tinggi, misalnya kepala sekolah atau jabatan kependidikan bergengsi lainnya.
Tidak heran jika sikap sinis pun tak jarang ditimpakan kepada MGMP. MGMP lebih sering diplesetkan menjadi “Mulih Gasik Mampir Pasar” (pulang awal, kemudian mampir ke pasar) ketimbang Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Sebuah ungkapan yang menyiratkan makna betapa MGMP hanya sekadar tempat kumpul-kumpul dan ngrumpi yang jauh dari ingar-bingar dan dinamika untuk mendiskusikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan dunia pembelajaran. Jadwal MGMP pun tak jarang dijadikan sebagai alasan pembenar dan apologi untuk mangkir dari tugas-tugas kedinasan di sekolah. Ya, sebuah tragedi bagi wadah profesi guru semacam MGMP.

Tak henti-hentinya guru dituding sebagai “biang kerok” merosotnya mutu sumber daya manusia ketika negeri ini mengalami “kebangkrutan” intelektual, sosial, dan moral di segenap lapis dan lini kehidupan. Guru dinilai “mandul” dalam menjalankan fungsinya sebagai “agen pembelajaran” sehingga gagal melahirkan anak-anak bangsa yang cerdas, terampil, dan bermoral.
Dengan nada ironis, Darmaningtyas (2001) pernah menyatakan bahwa profesi guru itu telah mati karena memang sengaja dimatikan agar guru tidak memiliki kemandirian dalam menyiapkan lahan, memberi pupuk, dan menyemai benih-benih yang sedang tumbuh. Tugas guru dalam penyiapan lahan, pemberian pupuk, dan penyemai senantiasa akan tergantung pada pihak yang memberikan komando atau instruksi.
http://sawali64.googlepages.com/hiu_emosi.png
Pernyataan Darmaningtyas hanyalah sepenggal kisah pilu yang mesti dihadapi (hampir) setiap guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Guru masih diposisikan sebagai “aparat” negara yang harus tunduk kepada sang pemberi komando. Akibatnya, profesi guru tidak lebih dari sekadar “tukang ajar” yang mesti tunduk pada “pesanan” penguasa. Lebih-lebih pada era otonomi daerah, di mana peran dan gerak-gerik guru lebih mudah diawasi dan dikontrol, guru semakin tak berkutik dalam melakukan inovasi-inovasi yang lebih “liar” dan bermakna bagi perkembangan kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa. Dalam kondisi yang sarat intervensi dan tekanan, bagaimana mungkin seorang guru mampu melahirkan generasi-generasi jempolan yang amat dibutuhkan dalam membangun peradaban bangsa yang berbudaya, terhormat, dan bermartabat?
Guru sebenarnya tidak hanya menjadi tenaga pengajar yang memberi instruksi kepada anak didik, tetapi mereka juga harus memerankan dirinya sebagai –meminjam istilah Paulo Freire (2002)– pekerja kultural (cultural workers). Dalam konteks demikian, pendidikan tidak bisa dibatasi fungsinya hanya sebatas area pembelajaran di sekolah. Ia harus diperluas perannya dalam menciptakan kehidupan publik yang lebih demokratis. Dalam pandangan Freire, harus ada semacam kontekstualisasi pembelajaran di kelas. Teks yang diajarkan di kelas harus dikaitkan kehidupan nyata. Dengan kata lain, harus ada dialektika antara teks dan konteks, teks dan realitas.
Ini artinya, guru perlu diberikan keleluasaan dalam mengembangkan kemampuan para siswanya melalui pemahaman, keaktifan, pembelajaran sesuai kemajuan zaman dengan mengembangkan keterampilan hidup agar siswa memiliki sikap kemandirian, perilaku adaptif, koperatif, dan kompetitif dalam menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan sehari-hari.
Namun, kenyataan yang terjadi, selama ini dunia pembelajaran jauh dari idealisme semacam itu. Para siswa didik justru sering dikarantina dan dimasukkan ke dalam “kerangkeng” ilmu pengetahuan untuk menjadi penghafal kelas wahid sehingga menjadi asing dan buta terhadap persoalan-persoalan riil yang terjadi di sekelilingnya. Ruang kelas tak ubahnya sel penjara yang amat menyiksa; pengap dan singup; jauh dari sentuhan keilmuan yang dialogis, interaktif, menarik, efektif, dan menyenangkan bagi peserta didik. Kondisi pembelajaran semacam itu jelas tidak relevan dengan amanat UU Nomor 20/2003 tentang Sisdiknas yang mewajibkan guru untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis (Pasal 40 ayat 2). Tidak heran apabila keluaran dunia persekolahan kita menjadi bebal dan tidak responsif terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dan bangsanya.
Terlepas dari atmosfer politik yang sangat tidak menguntungkan bagi guru pada era otonomi daerah, secara jujur juga harus diakui, guru masih belum mampu tampil optimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab profesinya. Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial yang harus dimiliki oleh guru sebagai agen pembelajaran sebagaimana diamanatkan PP Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) masih dipertanyakan banyak kalangan.
 
Dari keempat kompetensi yang harus dimiliki guru, dua di antaranya dinilai masih menjadi problem serius dan krusial di kalangan guru, yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dari aspek kompetensi pedagogik, misalnya, guru dinilai belum mampu mengelola pembelajaran secara maksimal, baik dalam hal pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, maupun pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dari aspek kompetensi profesional, banyak guru yang dianggap masih gagap dalam menguasai materi ajar secara luas dan mendalam sehingga gagal menyajikan kegiatan pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat bagi siswa.
Dua kompetensi guru yang dinilai masih carut-marut itulah yang tampaknya kini tengah diupayakan secara serius oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dalam bentuk program pemberdayaan MGMP di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SMP dan SMA). Sejumlah dana block-grant dikucurkan oleh pemerintah untuk membantu guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan proses pendidikan (khususnya proses pembelajaran dan manajamen).
Kucuran dana block-grant tersebut jelas memiliki makna tersendiri bagi organisasi profesi guru mata pelajaran itu, sebab selama ini (nyaris) tak ada sebuah institusi pun yang peduli dan mau melirik MGMP sebagai forum atau wadah yang memiliki peran strategis dalam memberdayakan profesionalisme guru mata pelajaran. Tidak berlebihan jika selama ini kiprah MGMP hanya sebatas “papan nama” yang bagus dalam visi dan misi, tetapi “miskin” implementasi program. MGMP yang diharapkan ikut mengurangi beban dan kegelisahan guru dalam memecahkan problem-problem pembelajaran pun hanya sebatas retorika. Bahkan, tidak jarang jajaran pengurus yang diharapkan mampu mengurus sekaligus menjadi pionir pengembangan mutu pembelajaran justru harus menjadi “urusan” di kalangan internal MGMP akibat terhadang oleh problem manajemen dan silang-sengkarutnya organisasi.
Jika dicermati, tampaknya dana menjadi problem serius bagi pengurus MGMP dalam menjalankan program, baik jangka panjang, menengah, maupun pendek. Untuk menyiasati minimnya dana, ada beberapa pengurus yang mencoba mencari “terobosan” penggalian sumber dana dengan mengajak teman-teman sejawat untuk sedikit kreatif mengembangkan ilmu dengan menerbitkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Namun, LKS yang diterbitkan, diakui atau tidak, masih jauh dari standar mutu, bahkan cenderung mereduksi pengetahuan siswa karena hanya berisi rangkuman materi, latihan, dan tugas-tugas; tanpa pendalaman. LKS inilah yang sering dijadikan sebagai “bisnis terselubung” para pengurus yang sebagian keuntungannya dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan, anjangsana, membeli jaket, atau studi banding. Dalam kondisi demikian, (hampir) tak ada waktu untuk menggelar kegiatan yang cerdas dan kreatif yang mampu memberdayakan profesionalisme guru. Sebagian besar waktu pengurus habis untuk mengurus distribusi LKS dan kalkulasi untung ruginya bersama penerbit. Bagaimana mungkin guru mata pelajaran mampu mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesionalnya kalau tak pernah diajak untuk berkiprah mengikuti kegiatan-kegiatan MGMP yang cerdas, kreatif, dan mencerahkan?
Beruntunglah kondisi yang sangat tidak menguntungkan bagi dunia pendidikan semacam itu cepat direspon oleh para pengambil kebijakan. Melalui dana block-grant, problem dana yang selama ini menjadi kendala serius bagi pengurus dalam mengimplementasikan program setidaknya bisa sedikit teratasi. Para pengurus yang selama ini hanya sibuk mengurus LKS pun bisa mulai berpaling untuk benar-benar serius mepemberdayaan MGMP sehingga keberadaannya tidak hanya sekadar “papan nama”.
Persoalannya sekarang, mampukah program pemberdayaan MGMP yang dibiayai oleh dana block-grant itu mampu mendinamiskan kegiatan MGMP secara terus-menerus dan berkelanjutan? Mampukah MGMP tetap eksis dan bermakna ketika dana block-grant tak lagi bisa dikucurkan?
Menurut hemat saya, program pemberdayaan MGMP yang dibiayai dana block-grant perlu dimaknai sebagai “therapi kejut” yang akan terus menjadi pemicu dinamika MGMP dalam memberdayakan guru. Artinya, dana block-grant harus dipahami sebagai suntikan dan stimulan agar benar-benar mampu memosisikan MGMP sebagai wadah profesi yang vital dan strategis dalam memberdayakan guru. Dengan penafsiran demikian, seandainya dana block-grant tidak lagi mengucur, MGMP masih punya “gigi” untuk berkiprah menggelar berbagai program dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan guru.
Oleh karena itu, perlu ada penajaman program yang riil dan praktis agar MGMP benar-benar mampu membantu guru dalam menguasai kompetensi sesuai standar pendidik yang disyaratkan dalam SNP. Paling tidak, ada enam agenda utama yang perlu segera digarap. Pertama, program memotivasi guru untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru profesional. Kedua, agenda unjuk kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.
Ketiga, agenda diskusi untuk membahas permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari solusi alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing, guru, kondisi sekolah, dan lingkungannya. Keempat, agenda penyebaran informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kurikulum, metodologi, dan sistem pengujian yang sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan.
Kelima, agenda saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil lokakarya, simposium, seminar, Diklat, penelitan tindakan kelas, referensi, atau kegiatan profesional lain yang dibahas bersama-sama. Keenam, agenda penjabaran dan perumusan kegiatan reformasi sekolah, khususnya reformasi pembelajaran di kelas (classroom reform) sehingga berproses pada reorientasi pembelajaran yang efektif, menarik, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa didik.
Yang tidak kalah penting, pemberdayaan MGMP harus dimaknai sebagai sebuah proses yang terus hidup, tumbuh, dan berkembang sepanjang waktu; tidak seperti “obor blarak” yang –meminjam idiom puitik Chairil Anwar– sekali berarti sesudah itu mati. Melalui pemberdayaan secara terus-menerus dan berkelanjutan, MGMP diharapkan mampu berperan sebagai reformator dalam classroom reform, mediator dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, agen “penyemangat” dalam inovasi manajemen kelas dan manajemen sekolah, serta kolaborator terhadap unit terkait dan organisasi profesi yang relevan.
Keberhasilan MGMP dalam memberdayakan diri akan sangat dipengaruhi oleh etos kerja segenap pengurus, anggota, dan guru mata pelajaran sejenis dalam membangun semangat kebersamaan dan persaudaraan dalam sebuah wadah yang memiliki karakter dan jatidiri, kemampuan membangun jaringan dengan unit terkait, serta kesanggupan untuk tetap steril dari berbagai godaan dan kepentingan. Kini, sudah tiba saatnya MGMP mendinamiskan gerak dalam mentransformasikan dirinya secara utuh dan total ke dalam hiruk-pikuk dunia pendidikan yang semakin rumit, kompleks, dan penuh tantangan