Sabtu, 29 Januari 2011

WORTEL-2

Wortel Turunkan Kolesterol dan Hindari Resiko Stroke (Bag. 2)



Quantcast
Kolesterol Menurun
Wortel dapat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah- Seperti penelitian Robertson di Universitas Florida dengan mengkonsumsi wortel segar atau mentah sebanyak 200 gram sehari selama tiga minggu dapat mengurangi kadar kolesterol darah sebesar 11 persen. Penurunan tersebut cukup bermakna karena penurunan satu persen kolesterol sama artinya dengan pengurangan resiko penyakit jantung kira-kira dua persen oleh karena itulah dengan mengkonsumsi wortel selama 3 minggu dapat mengurangi 22 persen penyakit jantung.
Turunkan Risiko Stroke
Penelitian di Universitas Harvard, AS yang dilakukan pada hampir 90 ribu perawat perempuan selama 8 tahun mengungkapkan, bahwa mengkonsumsi wortel paling sedikitnya lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sekitar 68 persen bila dibandingkan makan wonel satu kali sebulan. Hal tersebut dapat terjadi karena aktivitas antioksidannya. Beta karoten menghambat kolesterol agar tidak bersifat racun dan tidak mampu membentuk plak dan gumpalan pada pembuluh darah.
Penelitian pada Universitas Brussel, saat menganalisis darah 80 pasien dalam 24 jamsetelah terkena stroke menunjukkan bahwa pasien strokedengan jumlah vitamin A diatas rata-rata, termasuk beta-karoten lebih memiliki peluang beftahan, mempunyai lebih sedikit kerusakan neurologis (saraf) dan sembuh sama sekali. Hal ini diduga karena waktu otak tidak memperoleh oksigen beberapa lama. Seperti pada kondisi stroke, sel mulai mengalami malfungsi (gangguan fungsi) yang menyebabkan rangkaian kejadiaan mencapai puncaknya ketika pada sel-sel saraf terjadi kerusakan oksidatif. Kondisi tersebut dapat diredam jika dalam darah terdapat banyak vitamin A sehingga dapat memperkecil kerusakan otak dan kemungkinan dari kematian.
Kesuburan Suami lstri
Wortel dapat pula meningkatkan kesuburan bagi wanita dan meningkatkan kualitas sperma pria, dengan cara mengkombinasikan antara wortel, apeldan tauge. Satu buah apel, tiga ons wortel dan setengah kilogram taoge bisa untuk sekali minum suami-istri. Jus dibuat dengan cara taoge dijus lebih dahulu dengan menambahkan sedikit air setelah itu wortel beserta apel. Jus setelah halus disaring dan diminum setiap pagi dan sore.
Kandungan Nutrisi
Dalam sebuah wortel yang panjangnya sekitar 20 cm dengan diameter 3 cm (100 gram wortel segar) mengandung 27 mg kalsium, 76 mg fosfor, 0,5 mg zat besi, 34 mg sodium, 246 mg potasium, vitamin A 7,93 lU (lnternational Unit), seju mlah vitamin B komplek dan 6 mg vitamin C. Menurut laboratorium Lancaster Inggris menemukan nutrisi tambahan dalam seperseratus gram jus wortel terdapat 8,2 mg magnesium, 0,2 ppm kromium dan gula yang terdiri dari 1,5 % fruktosa, 0,8 dektrosa, 1,9 sukrosa, 0,3 maltosa, 0, 5 laktosa sehingga total menjadi 4% Kandungan nutrisi wortel tersebut tentu tidak lepas dari jenis dan kualitasnya beta karoten yang terkandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar