Minggu, 23 Januari 2011

Lesson Study 2

Download: SAYA GURU YANG BAGAIMANA YA?
REFLEKSI
Peran Pengawas
Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Lesson Study
LESSON STUDY, SMA 1 PBG
PEMBELAJARAN YG BAIK
Lembar Observasi
LEMBAR OBS LS
INSTRUMEN 2
DENAH OPEN CLASS IPA
1. Lembar Observasi 1
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM LESSON STUDY
Sekolah/Kelas  : _______      Hari/Tanggal               : __________
Mata Pelajaran: _______      Observer (Pengamat):  _________
Petunjuk:
  1. Observasi ditekankan pada kegiatan siswa selama pembelajaran.
  2. Catatlah nama atau nomor siswa yang anda amati.
  3. Catatlah waktu terjadinya peristiwa yang anda amati.
A.     Kapan siswa mulai berkonsentrasi untuk belajar?
 
B.     Kapan siswa berhenti berkonsentrasi (bosan) dalam belajar?
 
C.     Apa yang anda peroleh dari observasi pembelajaran siswa?
 
2. Lembar Observasi 2
LEMBAR OBSERVASI
Pengantar  :
-          Perlu diingat bahwa yang menjadi fokus observasi adalah proses belajar siswa
-         Fokus pengamatan yang ditawarkan pada lembar observasi ini hanya bersifat alternatif.  Para observer dapat mengembangkan sesuai keperluan masing-masing dengan tetap fokus pada kegiatan belajar siswa.
Aspek-aspek yang diamati ;
1.       Bagaimana interaksi yang terjadi antar siswa ?
2.       Bagaimana interaksi yang terjadi antara siswa dengan guru ?
3.       Bagaimana proses eksplorasi pemahaman materi ajar oleh siswa ?
4.       Manfaat apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran hari ini ?

3.  Lembar Observasi 3
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LSBS)

Hari, Tanggal              : ………………………………………..
Mata Pelajaran           : ………………………………………..
Observer/Pengamat    :……………………………………………
No Komponen Deskripsi Pengamatan Waktu
1 Apakah siswa dapat berpikir pada topik pembelajaran saat ini? 

2 Siapakah siswa-siswa yang tidak dapat belajar pada pembelajaran saat ini? 

3 Menurut anda, mengapa siswa-siswa tersebut tidak dapat belajar pada saat ini? 

4 Untuk membuat siswa dapat belajar cara dan alat  apa yang digunakan oleh guru model? Apakah berhasil? 

Sumber  File : Dra. Ibu Sri Hartati, M.Pd,  Widyaiswara LPMP Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar