REFLEKSI
Peran Pengawas
Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Lesson Study
LESSON STUDY, SMA 1 PBG
PEMBELAJARAN YG BAIK
Lembar Observasi
LEMBAR OBS LS
INSTRUMEN 2
DENAH OPEN CLASS IPA
1. Lembar Observasi 1
LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM LESSON STUDY
Sekolah/Kelas : _______ Hari/Tanggal : __________Mata Pelajaran: _______ Observer (Pengamat): _________
Petunjuk:
- Observasi ditekankan pada kegiatan siswa selama pembelajaran.
- Catatlah nama atau nomor siswa yang anda amati.
- Catatlah waktu terjadinya peristiwa yang anda amati.
A. Kapan siswa mulai berkonsentrasi untuk belajar? |
B. Kapan siswa berhenti berkonsentrasi (bosan) dalam belajar? |
C. Apa yang anda peroleh dari observasi pembelajaran siswa? |
LEMBAR OBSERVASI
Pengantar :- Perlu diingat bahwa yang menjadi fokus observasi adalah proses belajar siswa
- Fokus pengamatan yang ditawarkan pada lembar observasi ini hanya bersifat alternatif. Para observer dapat mengembangkan sesuai keperluan masing-masing dengan tetap fokus pada kegiatan belajar siswa.
Aspek-aspek yang diamati ;
1. Bagaimana interaksi yang terjadi antar siswa ?
2. Bagaimana interaksi yang terjadi antara siswa dengan guru ?
3. Bagaimana proses eksplorasi pemahaman materi ajar oleh siswa ?
4. Manfaat apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran hari ini ?
3. Lembar Observasi 3
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN
LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LSBS)
Hari, Tanggal : ………………………………………..
Mata Pelajaran : ………………………………………..
Observer/Pengamat :……………………………………………
No | Komponen | Deskripsi Pengamatan | Waktu |
1 | Apakah siswa dapat berpikir pada topik pembelajaran saat ini? | ||
2 | Siapakah siswa-siswa yang tidak dapat belajar pada pembelajaran saat ini? | ||
3 | Menurut anda, mengapa siswa-siswa tersebut tidak dapat belajar pada saat ini? | ||
4 | Untuk membuat siswa dapat belajar cara dan alat apa yang digunakan oleh guru model? Apakah berhasil? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar