Kamis, 08 Desember 2011

Instrumen Pengamatan Aktivitas Guru Dalam PTK


Ketika seorang guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas, aktivitas guru menjadi variable penting untuk di amati mengingat sebagus apapun strategi pembelajaran untuk memecahkan masalah penelitian, namun tanpa dukungan kemampuan guru yang baik, maka penelitian tersebut dipastikan kurang maksimal. Selain itu PTK sendiri merupakan tindakan reflektif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran, termasuk kekurangan-kekurangan guru dalam pelaksanaan KBM. Dengan demikian instrument pengamatan aktivitas guru menjadi bagian penting dalam proses KBM karena menjadi rambu-rambu bagi pengamat/Observer untuk mengamati guru peneliti.

Untuk itu, saya akan mencoba menyediakan salah satu contoh instrument pengamatan kinerja guru. Jika teman-teman ingin mendapatkan variasi instrument dapat di diperoleh dalam lingk download di bawah postingan ini.


NO
AKTIVITAS GURU
SKOR
Keterangan Skor
1
2
3
4
5

Kegiatan Pembuka Pelajaran





1
Melakukan kegiatan apersepsi





Keterangan skor
1. Sangat kurang
2. Kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Sangat Baik


Kriteria Penilaian
<20%       Sangat Kurang
20%-40% Kurang
41%-60% Sedang
61%-80% Baik
>80%       Sangat Baik




 











2
Menarik dan memfokuskan perhatian siswa





3
Menyampaikan kemampuan yang harus dicapai siswa





4
Menjelaskan rencana belajar yang akan dilakukan






Kegiatan Inti Pembelajaran





5
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan





6
Kemampuan menjelaskan dan memberi contoh





7
Penguasaan materi pelajaran





8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut





9
Keterampilan membentuk kelompok





10
Keterampilan membina dan membimbing kelompok





11
keterampilan penggunaan sumber belajar/media pembelajaran





12
Efektifitas penggunaan media





13
Relevansi media dengan tujuan belajar





14
Menguasai kelas





15
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa





16
Merespon positif partisipasi siswa





17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa





18
Menunjukkan kedekatan hubungan dengan siswa





19
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar





20
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan






Kegiatan Penutup





21
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa





22
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan






JUMLAH SKOR YANG DIPEROLEH






SKOR MAKSIMAL


PERSENTASE SKOR


INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PTK
DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar