Selasa, 15 Februari 2011

Ninik Kunti Utami Lunde: Dosen Bahasa di University California Berkeley

Program bahasa Indonesia di University California Berkeley, AS sudah berjalan selama hampir 40 tahun dan Ninik Kunti Utami adalah penerus tradisi yang sudah cukup panjang ini.
Ninik Kunti Utami Lunde atau biasa dipanggil Ninik oleh para mahasiswanya adalah pengajar kelas Bahasa Indonesia di UC Berkeley. Ia telah mengajar di sana selama 15 tahun. Mahasiswanya bukan hanya dari tingkat sarjana, tetapi juga pascasarjana dan doktoral. Kebanyakan mereka adalah warga AS yang ingin melakukan riset di Indonesia.
“Bahasa Indonesia dianggap salah satu bahasa di Asia Tenggara yang cukup penting peranannya, terutama bagi scholars dari Amerika yang ingin mengadakan riset di Indonesia.” kata Niniek.
Di sana ia tidak hanya mengajarkan bahasa Indonesia dan bagaimana berbicara dalam Bahasa Indonesia, tetapi juga memperkenalkan budaya Indonesia, seperti tarian, alat musik dan lainnya. Niniek juga mengenalkan aspek budaya, adat istiadat, sopan santun, serta kebiasaan di Indonesia kepada para mahasiswanya.
Ninik yang juga aktif dalam berbagai kegiatan seni Indonesia sangat mencintai profesinya sebagai pengajar. Ninik merasa mungkin hal itu diturunkan dari ayahnya yang juga seorang guru. Ninik suka mengajar dan berinteraksi dengan orang atau para siswanya. Ia selalu ingin membantu & mengenalkan bahasa dan kultur Indonesia kepada setiap orang di sana.
Sumber: VOAindonesia

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=IqsJw62dRFw


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar