Selasa, 15 Februari 2011

Deden Muhammad Makhyaruddin Juara MTQ Internasional di Maroko

Qari Deden Muhammad Makhyaruddin mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil meraih juara satu pada Musabaqah Tahfiz, Tajwid, dan Tafsir Al-Quran (MTQ) Internasional untuk kategori bergengsi lomba hafalan Qur’an 30 juz dan tafsirnya dalam memperebutkan Piala Raja Mohammed VI ke-6, yang diadakan pada 4-7 Februari 2011 di Casablanca, Maroko.
MTQ tersebut memperlombakan dua kategori, yaitu tilawatil Qur’an dan hafalan Qur’an 30 juz dan tafsirnya. MTQ diikuti oleh 52 peserta dari 34 negara dan 10 hakim juri dari berbagai negara Islam. Indonesia pada tahun ini mengirimkan delegasi yang terdiri dari 3 orang, yaitu Syarifuddin Ahmad (Ketua Delegasi), Deden Makhyaruddin, dan Muhammad Siddik bin Syafii.
Usai pengumuman pemenang, Duta Besar RI didampingi staf menerima delegasi di Wisma Duta dan menyampaikan ucapan selamat atas capaian yang diraih yang tentunya akan menambah harumnya nama bangsa Indonesia.
Sebelumnya, pada Jum’at 4 Februari 2011, Dubes RI Tosari Widjaja didampingi PF. Pensosbud dan staf menghadiri undangan pembukaan MTQ tersebut yang bertempat di Masjid Hassan II Casablanca Maroko yang dibuka langsung oleh Menteri Wakaf dan Urusan Islam Ahmed Toufik dan dihadiri oleh Sekjen Majlis Ilmi A’la Maroko, Gubernur Casablanca, ulama-ulama Maroko serta para duta besar negara muslim sahabat, para dewan juri dan seluruh peserta musabaqah.
Prestasi Qari Indonesia pada MTQ ini, adalah untuk yang kedua kalinya, setelah Qari Irham Dongoran berhasil meraih juara II untuk jenis lomba yang sama pada tahun 2010.
MTQ diselenggarakan atas intruksi Raja Mohammed VI yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 yang menghadirkan peserta dari negara-negara mayoritas penduduk beragama Islam, dan Indonesia selalu menerima undangan dan ikut serta setiap tahunnya.
Sumber: Deplu (KBRI Rabat)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar