Selasa, 15 Februari 2011

Hendry Soelistyo Raih Netexplorateur 2011 Awards di Paris, Perancis

Hendry Soelistyo, pendiri situs Lewatmana.com, menerima penghargaan internasional Netexplorateur 2011 Awards di Gedung UNESCO, Paris pada 3 Februari 2011.
Hendry Soelistyo terpilih sebagai satu dari sepuluh orang yang dianggap memiliki gagasan inovatif dalam norma-norma berkomunikasi dan teknologi digital. Penghargaan kepada Hendry Soelistyo diberikan langsung oleh Bruno Mettling, Executive Vice President Grup Orange.
“Terpilihnya Lewatmana.com dari Indonesia sebagai salah satu pemenang Netexplorateur 2011 Awards sangat menggembirakan. Pemilihan ini juga merupakan pengakuan internasional terhadap daya inovasi dan daya kreativitas di bidang teknologi komunikasi yang dimiliki bangsa Indonesia,” demikian dituturkan Gita Loka Murti, KBRI Paris.
Lewatmana.com merupakan situs internet yang berisi informasi mengenai kondisi lalu-lintas di Jakarta secara online, yang dapat diakses melalui PC, laptop dan telepon selular. Situs ini didukung oleh ratusan CCTV, webcam, tweeter, dan SMS. Situs ini juga dianggap sangat berguna dalam membantu mengatasi kemacetan di kota Jakarta, termasuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat polusi asap kendaraan bermotor.
Forum Netexplorateur 2011 tersebut dibuka oleh Dirjen UNESCO Irina Bokova dan dihadiri oleh kurang lebih 1.000 peserta dari dunia politik, industri maupun media Perancis dan luar negeri. Netexplorateur adalah independent observatory di bawah naungan Senat Perancis, yang setiap tahunnya memilih 10 orang yang dianggap memiliki gagasan inovatif terkait norma-norma berkomunikasi dan teknologi digital.
Sejak tahun 2008, Netexplorateur melalui jejaring beranggotakan 200 wartawan, peneliti, dan akademisi yang tersebar di seluruh dunia melakukan pemantauan terkait perkembangan internet dan media digital atas sekitar 1.000 proyek baru dari berbagai perusahaan dan institusi.
Tiga penilaian harus terpenuhi, yaitu keaslian ide, dampak terhadap masyarakat ,serta ide dapat dicontoh (exemplary). Setelah dipilih, 100 gagasan masuk seleksi, dan dari 100 kandidat ini, 10 orang akan dipilih oleh sebuah panel juri beranggotakan para sosiolog internasional.
Sumber: Deplu (KBRI Paris)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar