Rabu, 04 Januari 2012

Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya Raih 3 Gelar Juara di Ajang International Robot Olympiad 2011, Jakarta


siswa sd muhammadiyah 4 SBY di indonesiaproud wordpress comPara siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Jawa Timur mengukir prestasi dengan meraih tiga gelar juara oleh lima siswa sekolah dasar di ajang International Robot Olympiad (IRO) 2011 yang berlangsung pada 15-17 Desember 2011 di Universitas Tarumanegara, Jakarta.
Robot berwujud mobil dengan berbagai keunggulan karya mereka mampu menyisihkan ratusan peserta dari 18 negara yang mengikuti kontes tersebut.
Kelima pelajar berotak cemerlang itu adalah, Dimas Islami kelas 3, Nabil Hadjoe kelas 6, Axel Dawne kelas 6, Laksamana Agadia kelas 6, dan Dhimas kelas 2, dengan masing-masing kualifikasi rintangan, transporter dan line trace.
“Ini prestasi yang membanggakan, karena ajang olimpiade robot itu dilaksanakan tingkat internasional, diikuti 18 negara,” kata guru bidang studi elektronika, Endik Setyawan.
Ia menjelaskan, tidak hanya persiapan khusus untuk tampil di ajang dunia itu. Endik menyebut persiapan dan pemahaman materi diberikan satu bulan menjelang pelaksanaan turnamen. “Persiapannya sangat pendek. Tetapi, dalam seminggu mereka kami berikan latihan selama 3 hari. Dan, dua minggu kemudian kami lakukan setiap hari dengan melibatkan kelompok studi Pen’s dari ITS Surabaya,” lanjutnya.
Berhasil memenangi pertandingan robot bergengsi, kelima siswa mengaku senang dan bangga. “Kami senang dan bangga, karena olimpiade diikuti pelajar tingkat dunia,” kata Axel mewakili teman-temannya.
Ditanya tentang cita-citanya, sebagian dari pelajar kecil itu dengan lugas mengatakan dirinya akan menjadi ahli robot, kelak. “Saya ingin menjadi ahli pembuat robot dengan berbagai bentuk. Tujuannya, bisa membantu meringankan pekerjaan manusia,” tegas Nabil.
Pemenang IRO 2011
indonesia juara pada kategori creative robot and energy saving robot di indonesiaproud wordpress comSetelah melalui proses panjang dan cukup mendebarkan, mulai dari proses pendaftaran dan penjurian. Akhirnya International Robot Olympiad (IRO) 2011 resmi ditutup. Acara yang diikuti sekitar 1.000 peserta dari 13 negara ini, ditutup dengan penganugerahan pemenang yang diselenggarakan pada 18 Desember 2011 di Balai Kartini, Jakarta.
Hasil pengumuman pemenang IRO2011 kali ini, perolehan medali emas terbanyak diraih oleh kontingen Korea Selatan, sekaligus dinobatkan sebagai juara umum.
Sementara urutan kedua diraih oleh kontingen Indonesia. Namun, Indonesia mampu mendominasi perolehan juara pada kategori Creatif Robot dan Energy Saving Robot, di mana kedua kategori tersebut merupakan kategori yang paling bergengsi di ajang ini.
Acara IRO2011 diakhiri dengan penyerahan bendera IROC kepada perwakilan negara Korea Selatan, sebagai tuan rumah IRO2012 mendatang.
Sumber: vivanews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar